KISI-KISI PENULISAN SOAL USBK
KISI-KISI PENULISAN
SOAL USBK EKONOMI TP 2021/2022
Jenjang Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
/
Kurikulum : 2013
Jumlah Soal : 35 PG/ 5 Essay
Bentuk Soal : Pilihan Ganda/Essay
Penyusun :
MGMP EKONOMI KABUPATEN PD. PARIAMAN
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas/se mester |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kog |
Bentuk Soal |
No soal /Kunci |
1 2. |
Mendeskripsikan konsep
ilmu ekonomi Mendeskripsikan konsep
ilmu ekonomi |
X/1 X/1 |
Cara mengatasi kelangkaan Biaya peluang (opportunity cost) |
Disajikan beberapa masalah kelangkaan,peserta didik dapat
menentukan cara mengatasai masalah kelangkaan Disajikan 3 data kemungkinan membuka usaha
peserta didik dapat menentukan besarnya biaya peluang. |
2 2 |
PG PG |
1 2 |
3.
4. |
Menganalisis
masalah ekonomi
dalamsistem ekonomi Menganalisis
masalah ekonomi
dalamsistem ekonomi |
X/1 X/ 1 |
Masalah ekonomi modern Sistem Ekonomi |
Disajikan ilustrasi masalah ekonomi modern, peserta didik dapat
menentukan masalah ekonomi modern Disajikan
ilustrasi kondisi ekonomi
suatu negara, peserta didik dapat menentukan sistem
ekonomi yang tepat |
2 2 |
PG PG |
3 4 |
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas/se mester |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kog |
Bentuk Soal |
No soal /Kunci |
5. |
Menganalisis
peranpelaku ekonomidalam kegiatan
ekonomi |
X/ 1 |
Model diagram interaksi antar pelaku ekonomi |
Disajikan model diagram interaksi tiga pelaku ekonomi, peserta
didik dapat menentukan arus pembayaran balas jasa untuk faktor produksi/
output |
2 |
PG |
5 |
6. |
Mendeskripsikan
terbentuknya
keseimbangan pasardan
struktur pasar |
X/ 1 |
Keseimbangan pasar |
Disajikan fungsi permintaan dan fungsi penawaran, peserta didik
dapat menentukan besar harga dan jumlah keseimbangan |
2 |
PG |
6 |
7. |
Mendeskripsikan
terbentuknya
keseimbangan pasardan
struktur pasar |
X/ 1 |
Elastisitas |
Disajikan
data
jumlah barang dan tingkat harga
yang berlaku, peserta didik dapat menghitung elastisitas
permintaan |
3 |
PG |
7 |
8. |
Mendeskripsikan
terbentuknya
keseimbangan pasardan
struktur pasar |
X/ 1 |
Pasar output |
Disajikan
ciri-ciri
pasar output, peserta didik dapat mengidentifikasi
cirri pasar persaingan sempurna/ pasar persaingan tidak sempurna |
2 |
PG |
8 |
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas/se mester |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kog |
Bentuk Soal |
No soal /Kunci |
9. |
Mendeskripsikan lembaga
jasa
keuangan dalam perekonomian Indonesia |
X/2 |
Manfaat Pasar Modal |
Disajikan data tentang
manfaat kegiatan dipasar modal,
peserta didik dapat menentukan manfaat pasar modal |
2 |
PG |
9 |
10. |
Mendeskripsikan
banksentral,sistem pembayaran dan
alat pembayaran dalamperekono mian Indonesia |
X/2 |
Fungsi, Jenis dan Syarat Uang |
Disajikan kondisi tentang maraknya kasus peredaran uang palsu yang
meresahkan masyarakat, siswa dapat menentukan upaya Bank Indonesia untuk mengatasi
masalah tersebut. |
2 |
PG |
10 |
11. |
Mendeskripsikan
konsep manajemen |
X/ 2 |
Penerapan manajemen dalam kegiatansekolah |
Disajikan pernyataan tentang pelaksanaan manajemen di sekolah,
pesrta didik dapat menentukan penerapan manajemen sekolah |
2 |
PG |
11 |
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas/se mester |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kog |
Bentuk Soal |
No soal /Kunci |
12. |
Menganalisis
konsep dan metode perhitungan pendapatan nasional |
XI/1 |
Komponen
Pendapatan nasional |
Disajikan beberapa komponen pendapatan nasional,peserta didik
dapat menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran/
pendapatan. |
3 |
PG |
12 |
13. |
Menganalisis konsep pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi
serta permasalahan dan cara mengtasinya |
XI/1 |
Masalah pembanguna di Negara yang sedang
berkembang |
Disajikan pernyataan tentang permasalahan pembangunan ekonomi,
peserta didik dapat menentukan permasalahn pembangunan ekonomi di negara yang
sedang berkembang yang benar |
2 |
PG |
13 |
14.
|
Menganalisis permasalahan
ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi. |
XI/ 1 |
Upaya
meningkatkan kualitas tenaga kerja |
Disajikan upaya peningkatan kualitas tenaga kerja oleh Pemerintah,
swasta dan individu, peserta didik dapat menentukan upaya peningkatan
kualitas tenaga kerja dengan benar |
2 |
PG |
14 |
15. |
Menganalisis indeks harga dan inflasi. |
XI/ 1 |
Dampak Inflasi |
Disajikan ilustrasi tentang
inflasi, peserta didik dapat menentukan dampak inflasi dengan benar |
2 |
PG |
15 |
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas/se mester |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kog |
Bentuk Soal |
No soal /Kunci |
16. |
Menganalisis indeks harga dan inflasi. |
XI/1 |
Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan
uang |
Disajikan beberapa ilustrasi
permintaan uang, peserta didik
dapat menentukan motif permintaan uang/ penawaran uang dengan benar |
2 |
PG |
16 |
17. |
Menganalisis kebijakan
moneter dan kebijakan fiskal |
XI/ 1 |
Instrumen kebijakan fiskal |
Disajikan pernyataan tentang instumen kebijakan fiskal peserta
didik dapat menentukan instrument kebijakan fiscal/ moneter |
2 |
PG |
17 |
18. |
Menganalisis APBN dan APBD
dalam pembangunan ekonomi. |
XI/ 2 |
Fungsi
dan tujuan APBN |
Disajikan ilustrasi tentang fungsi APBN, peserta didik dapat
menentukan fungsi APBN yang benar. |
2 |
PG |
18 |
19. |
Menganalisis APBN dan APBD
dalam pembangunan ekonomi |
XI/ 2 |
Sumber-sumber
penerimaan daerah |
Disajikan sumber-sumber penerimaan daerah, peserta didik dapat
menentukan apa saja sumber-sumber penerimaan daerah |
2 |
PG |
19 |
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas/se mester |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kog |
Bentuk Sol |
No soal /Kunci |
20. |
Menganalisis perpajakan dalam pembangunan
ekonomi. |
XI/ 2 |
Objek dan cara pengenaan pajak |
Disajikan data tentang perhitungan PBB, peserta didik dapat
menghitung PBB yang harus dibayarkan dengan tepat |
3 |
PG |
20 |
21. |
Mendeskripsikan kerja sama
ekonomi internasional |
XI/ 2 |
Manfaat
kerjasama ekonomi internasional |
Disajikan bentuk kerjasama ekonomi Internasional, peserta didik
dapat menentukan bentuk kerjasama regional |
2 |
PG |
21 |
22. |
Menganalisis konsep dan
kebijakan perdagangan internasional |
X/ 2 |
Kebijakan
perdagangan internasional |
Disajikan iluntrasi kebijakan perdagangan internasional, peserta
didik dapat menentukan kebijakan perdagangan Internasional yang benar. |
2 |
PG |
22 |
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas/se mester |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kog |
Bentuk Soal |
No soal /Kunci |
23. |
Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi |
XII/1 |
Pemakai informasi akuntansi |
Disajikan kegunaan informasi akuntansi,
peserta didik dapat menentukan
siapa pemakai informasi tersebut. |
2 |
PG |
23 |
24. |
Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi |
XII/1 |
Bidang-bidang Akuntansi |
Disajikan ilustrasi dari
bidang akuntansi, peserta didik
dapat menentukan nama bidangnya |
2 |
PG |
24 |
25. 26. |
Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi |
XII/ 1 XII/ 1 |
Pengelompokan akun Pencatatan persamaan dasar akuntansi |
Disajikan beberapa nama
akun, peserta didik dapat
mengelompokkan yang termasuk akun rii/ nominal Disajikan
transaksi peserta didik diminta menentukan
pencatatan kedalam konsep persamaan
dasar akuntansi yang benar |
2 3 |
PG PG |
25 26 |
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas/se mester |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kog |
Bentuk Soal |
No soal /Kunci |
27. 28. 29. 30. |
Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa |
XII/1 XII/ 1 XII/ 1 XII/ 1 |
Jurnal Umum Posting ke Buku Besar Kertas Kerja Perusahaan Jasa Laporan Keuangan |
Disajikan data keuangan sebuah perusahaan, peserta didik dapat menentukan pencatatan kedalam jurnal
umum yang tepat Disajikan jurnal umum, peserta
didik dapat menentukan posting ke buku besar
yang benar Disajikan kertas kerja, peserta didik dapat menentukan kertas
kerja yang benar Dijikan data peserta didik dapat menentuka modal akhir |
3 3 3 3 |
PG PG PG PG |
27 28 29 30 |
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas/se mester |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kog |
Bentuk Soal |
No soal /Kunci |
31. |
Menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan jasa |
XII/1 |
Jurnal Penutup |
Disajikan sebahagian kertas kerja, peserta didik dapat menentukan
jurnal penutup yang benar |
2 |
PG |
31 |
32. 33. 34. |
Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang |
XII/2 XII/ 2 XII/ 2 |
Jurnal Khusus Ayat Jurnal Penyesuaian perusahaan Dagang Harga Pokok Penjualan |
Disajikan transaksi peserta didik dapat menentukan jurnal pembelian yang benar Disajikan data penyesuaian persedian barang dagang, peserta didik dapat menentukan ayat jurnal penyesuaian
persedian barang yang benar Disajikan data transaksi perusahaan
dagang, peserta didik dapat menghitung besarnya Harga
Pokok Penjualan |
3 3 3 |
PG PG PG |
32 33 34 |
35. |
Menganalisis
tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang |
XII/2 |
Neraca Saldo Setelah Penutupan |
Disajikan beberapa akun perusahaan dagang, peserta didik dapat
menentukan akun yang dicatat pada neraca saldo setelah penutupan yang benar
benar |
3 |
PG |
35 |
No |
Kompetensi Dasar |
Kelas/se mester |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kog |
Bentuk Soal |
No soal /Kunci |
1. |
Mendeskripsikan konsep
ilmu ekonomi |
X/ 1 |
Kebutuhan |
Peserta didik dapat menuliskan kebutuhan |
1 |
Essay |
1 |
2. |
Mendeskripsikan lembaga
jasa
keuangan dalam perekonomian Indonesia |
X/ 2 |
Pasar modal |
Peserta didik menuliskan tentang
produk pasar modal |
2 |
Essay |
2 |
3. |
Menganalisis permasalahan ketenagakerjaan dalam pembangunan
ekonomi |
XI/ 1 |
pengangguran |
Peserta didik menuliskan cara mengatasi pengangguran |
2 |
Essay |
3 |
4. |
Menganalisis indeks harga dan inflasi |
XI/ 1 |
Dampak inflasi |
Peserta didik dapat menuliskan dampak inflasi |
2 |
Essay |
4 |
5. . |
Menganalisis
penyususnan siklus akuntansi pada perusahaan dagang |
XII/1 |
Jurnal Khusus |
Disajikan beberapa transaksi perusahaan dagang, peserta didik
mencatatnya kedalam jurnal khusus yang benar. |
3 |
Essay |
5 |
Mengetahui, Pd.
Pariaman,……………..2022
PJP PJBA Ketua
MGMP Ekonomi
Sri Astuti, S.Pd, MM Dra.
Eliatmi M, MM Harni
Daswita, M.Pd
Nip. 196204141987032008 Nip.
196407142008012001 Nip.
196512252008012003
Komentar
Posting Komentar